Kamis, 01 November 2012

Mengenal Algoritma Google

Mengenal Algoritma Google


SEO yang efektif dapat membantu sebuah website agar cepat terindeks, mudah untuk diakses dan mudah ditemukan. Kenapa begitu? Karena SEO yang baik dapat memilih kata kunci yang tepat, meningkatkan struktur situs, menciptakan konten baru yang berguna bagi pengunjung serta meningkatkan brand awareness sebuah situs. Sebutan untuk SEO yang baik adalah ‘White Hat’.

Kebalikan dari SEO ‘White Hat’ adalah SEO ‘Black Hat Webspam’. ‘Black Hat Webspam’ adalah SEO yang mem-spam situs. Untuk membuat sebuah situs muncul di halaman satu Search Engines dengan waktu sesingkat-singkatnya, ‘Black Hat Webspam’ akan mengunakan jalan pintas yang pastinya tidak akan menguntungkan para pengunjung situs.

‘Black Hat Webspam’ merupakan salah satu alasan kenapa Google meluncurkan ‘Panda’ dan melakukan perubahan algoritma. Google melakukan perubahan ini karena ingin orang lebih memilih SEO ‘White Hat’ daripada ‘Black Hat’. Dengan adanya ‘Panda’ dan perubahan algoritma, Google bisa memastikan para pengguna Google benar-benar menemukan info yang dicari bukannya situs kamuflase atau spam.

Pada tahun 2012 ini Google memfokuskan diri pada algoritma tata letak halaman. Dengan algoritma ini, Google berhasil mengurangi peringkat situs – situs yang hanya memiliki sedikit kontent diatas garis pembatas (read more). Dalam beberapa hari lagi setelah tanggal 24 April, Google akan meluncurkan algoritma khusus untuk menarget semua situs yang menggunakan ‘Black Head’ SEO. Penurunan ranking akan diberikan kepada situs yang dianggap Google telah melanggar peraturannya.

Cara menghindari masalah ini hanya satu yaitu membuat kontent yang berkualitas dimana judul dan isi konten sejalan. Hal lain yang harus dihindari adalah membuat link keluar yang tidak sesuai dengan tema dan judul kontent.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar