Minggu, 28 Oktober 2012

SEO Itu Apa?

SEO Itu Apa?


SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization yang dalam bahasa Indonesianya dapat diartikan menjadi optimasi mesin pencari. Secara mudahnya SEO adalah sebuah upaya mendatangkan pengunjung dari mesin pencari (google, yahoo, bing dan sebagainya) ke dalam sebuah situs atau blog dengan kata kunci (keyword) tertentu yang diinginkan. atau disebut juga suatu tindakan untuk meningkatkan jumlah pengunjung ke situs Web tertentu dengan menambahkan kata kunci yang tepat dan frase, dan tinggi peringkat seperti dalam hasil pencarian. Situs Web yang lebih tinggi peringkat dalam hasil pencarian, semakin besar kemungkinan bahwa situs anda akan ditemukan oleh pengguna pencarian. Untuk situs web umum dan kompetitif dibutuhkan banyak profesionalisme untuk tweak situs web agar baik dioptimalkan dan mesin pencari yang ramah.

Setiap kali Anda memasukkan query di mesin pencarian dan tekan ‘insert’ anda mendapatkan daftar hasil web yang berisi istilah query. Pengguna biasanya cenderung untuk mengunjungi situs-situs yang berada di bagian atas daftar ini karena mereka menganggap mereka menjadi lebih relevan dengan query. Jika anda pernah bertanya-tanya mengapa beberapa website peringkat lebih baik dari pada yang lain maka anda harus tahu bahwa itu adalah karena teknik web pemasaran yang kuat disebut Search Engine Optimization (SEO).

Kenapa Harus Melakukan SEO.

Jawabnya adalah tidak harus, kecuali kita ingin situs kita sepi pengunjung atau situs / blog kita sudah punya “nama” atau terkenal sehingga orang rela bersusah payah menghapalkan alamat situs atau blog kita yang kadang terlalu panjang (seperti blog jelek ini he he). Lantas kenapa orang bersusah payah melakukan kegiatan yang berhubungan dengan SEO?? Jawabnya adalah mayoritas pengunjung situs atau blog berasal dari mesin pencari (terutama google).

Bagaimana Caranya SEO.

Di internet bertebaran situs dan blog dengan tema SEO, tutorial SEO, trik SEO dan lain-lain. Mulai dari membangun backlink, menempatkan keyword sebagai anchor text bahkan sampai memilih template pun bisa mempengaruhi SEO. Kita bisa blog walking mencari satu dua tutorial SEO untuk kita praktekkan kedalam blog atau situs kita. (mohon maaf jika saya tidak menulis satu persatu disini teknik2 SEO tersebut karena sepertinya belum pantas, hehe malu ama master-master SEO siapa tahu ada yang kesasar disini, tapi mungkin suatu saat coba saya tulis apa yang saya tahu)

Rencana Untuk SEO.

Satu hal sebelum kita memulai sesuatu yang disebut perencanaan sangat penting, dimana dalam sebuah blog atau situs yang ingin dikerjakan SEOnya maka setidaknya harus mempunyai rencana dengan kata kunci (keyword) apa dia ingin ditemukan. Selain pemilihan keyword penggunaan teknik SEO yang terencana dan terstruktur juga perlu dilakukan.

SEO adalah teknik yang membantu mesin pencari menemukan dan peringkat situs anda lebih tinggi dari jutaan situs lain dalam menanggapi permintaan pencarian. SEO demikian membantu anda mendapatkan trafict dari mesin pencari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar